Rabu, 11 Februari 2009

1st Impetigo

Pernah dengar kata impetigo? Mama baru denger setelah searching2 di inet.

Berawal dari Fiza yang demam mendadak, around 38,5 (ngukurnya di ketiak), berlangsung 1 hari doank. Ga mama kasih obat penurun demam, karena Fiza masih aktif dan ga lemes. jadi cuman dikasih home tratment biasa aja.

Setelah demam itu, muncul mendadak bentol2. paling byk di siku. Langsung browsing2 di internet, dugaan pertama adalah roseola. tapi ternyata bukan, karena gejalanya beda. Roseola biasanya 5 hari panas, ini Fiza baru 1 hari panas dan muncul bentol2..

Cek k dokter, ternyata didiagnosa impetigo, and dikasih resep AB Cefat dan Salep Gentamicyn. Setelah browsing di http://www.sehatgroup.web.id/guidelines/isiGuide.asp?guideID=34, dan http://mayoclinic.com/health/impetigo/DS00464, ternyata Fiza memang kena impetigo, jenis bulosa. Untuk obatnya, aku lebih memilih yang topical saja, ga perlu yang oral, apalagi cefat termasuk AB yang broad spectrum. Salepnya pun kuganti dengan yang mengandung mupirocin 2%. (maaf ya dokter, resepnya dganti semua).

Alhamdulillah, 3 hari setelahnya Fiza dah mulai sembuh. Paling lama memang luka di siku. Fiza harus pake lengan panjang terus. Karena baju panjangnya cuman 2, mama dengan senang hati belanja baju lengan panjang. Hehehehe.. Ada alasan u blanja2.
Lebih seneng lagi, ternyata ga perlu ngasih AB oral k Fiza.

Tidak ada komentar: